Nama
kelompok :
>Heri septa irawan
>Ikbar guzaini
>Indra priyanto
>Kevin qatria
>krisnanda
>M.ilham
Daftar isi :
Bab 1 :
Pendahuluan
a. Latar belakang
b. Tujuan
c. Visi dan misi
Bab 2 :
Aspek usaha
a. Struktur organisasi
b. Potensi pasar
c. Kondisi pesaing
d. Strategi pemasaran
Bab 3 :
Aspek penjualan
a. Penetapan harga
b. Sistem distribusi
c. promosi + resiko dan hambatan
Bab 4 :
Aspek produksi
a. Bahan baku produksi
b. proses
produksi
Bab 5 :
keuangan
a. Neraca
b. Modal / pemasukan
c. Penentuan harga jual
d. penghitungan laba / rugi
Bab 6 :
penutup
a. Kesimpulan
b. Saran
“PROPOSAL USAHA MAKANAN”
KUE COMBRO
BAB I:
Pendahuluan
a.Latar belakang
Setelah memperhatikan semakin meningkatnya jumlah pengangguran karena
kurangnya pengetahuan akan pemanfaatan sumber daya alam yang ada, sehingga
semakin meningkatnya krisis ekonomi di masyarakat. Maka berwirausaha merupakan
salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjadikan jalan keluar dari
permasalahan tersebut. Oleh karena itu penulis menciptakan suatu hasil atau
produk yang memiliki nilai jual, yaitu kue combro.kue ini berbahan dasar dari singkong yang sangat mudah kita dapatkan
b. Tujuan
> Mendapatkan keuntungan
>Menarik minat konsumen
untuk merasakan produk yang dibuat agar mencapai target penjualan
>Dapat membuka lapangan
kerja baru
>Membantu mempertahankan
makanan tradisional agar tidak hilang
c.Visi dan misi
> Visi : Menjadikan makanan tradisional menjadi
makanan utama
> Misi : 1. Selalu berinofasi dengan produk
tradisional
2. Mengutamakan kualitas dalam pelayanan
sehingga konsumen puas
BAB II:
Aspek Usaha
a.Struktur organisasi
Sesuai dengan bentuk badan usaha yang di pilih yaitu perusahaan
perseorangan maka pemimpin perusahaan di pegang oleh pemilik sendiri dengan
mengangkat karyawan sebanyak 7 orang, bagian pembukuan 1 orang,
bagian produksi sebanyak 3 orang, bagian penjual sebanyak 2 orang, dan bagian
adminitrasi 1 orang.
b.Potensi pasar
Potensi pasar berdasarka peelitian merupakan
cukup banyak peluang membuka usaha di dekat sekolahan merupakan peluang yang baik karena
bayak anak sekolah yang menjadi target utama.
c.Kondisi pesaing
Ancaman pesaing yang dapat timbul dari usaha kue combro antara lain :
•
Pesaing tidak sehat
•
Adaya produk serupa dengan kualitas baik
•
Bahan baku tidak stabil
d.Strategi
pemasaran
Strategi pemasaran yaitu dengan cara promosi
dengan harga yang murah
BAB III:
Aspek penjualan
a.Penetapa harga
dan penjualan
Harga jual ditetapkan berdasarkan harga perolehan
barang produksi di tambah keutungan rata rata 2%. Sistem pejualan degan cara
kontan
b.Sistem distribusi
Sistem distribusi yang digunakan adalah sistem
distribusi langsung. Artiya menjual kepada kosume dan barang
langsung diserahkan kepada kosumen di tempat penjual.
c.Promosi + Resiko
dan Hambatan
Promosi dilakukan dengan menyebar brosur kepada
konsumen dan memasang
poster mengenai kue combro di depan warung.
Resiko dan hambatan yang perlu diantisipasi
adalah adanya pesaing yang tidak sehat, adanya produk serupa, dan tidak
stabilnya bahan baku.
BAB IV:
Aspek produksi
a.Bahan baku
produksi
Bahan-bahan yang digunakan
untuk membuat combro isi
pedas:
- 1 kg singkong, parut hingga halus
- 1 batang daun bawang, diiris-iris kecil
- kelapa 100 gram
- 2 sdm tepung sagu/kanji
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya
Bahan-bahan
isi combro:
- 2 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 250 gram oncom (ditumbuk halus)
- 1 btg daun bawang (dirajang kecil)
- 1 sdt merica bubuk
- 4 buah cabe merah
- Gula pasir sedikit
- Garam secukupnya
b.Proses produksi
Cara
membuat combro:
- Kupas singkong, lalu cuci hingga bersih menggunakan air mengalir.
- Parut singkong yang sudah dibersihkan, kemudian peras airnya. Ambil singkong dan buang airnya. Parut juga kelapa tua, lalu campurkan dan uleni.
- Tambahkan dengan tepung sagu/kanji, irisan daun bawang dan garam secukupnya. Kemudian aduk adonan hingga merata. Tiriskan kembali, dan buang airnya.
- Di wadah lain, haluskan bahan isi combro, seperti cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Setelah halus, tumis hingga tercium wangi. Lalu campurkan dengan merica, oncom, garam, gula pasir dan daun bawang, kemudian tumis hingga tercampur merata. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
- Sementara itu untuk membuat combro, ambil adonan singkong yang dicampur dengan kelapa tadi sebanyak sekepal tangan, lalu pipihkan dan tambahkan bahan isi combro tadi. Gulung adonan hingga tertutup rapat, dan bentuk adonan hingga berbentuk lonjong.
- Langkah terakhir goreng adonan yang sudah dibentuk lonjong tadi ke dalam wajan.
BAB V:
Keuangan
a.Neraca
Aktiva
Pasiva
Kas
:10.000.000 Modal
:10.000.000
Peralatan
:2.000.000
Barang
:5.000.000
hutang :7.000.000
Jumlah
:17.000.000
jumlah :17.000.000
b.Modal /pemasukan
Modal yang penulis keluarkan dalam sekali produksi
ialah:
Total biaya = bahan baku + peralatan + biaya
lain-lain
= 200.000 + 100.000 + 30.000
= 330.000
c.Penentuan harga
jual
Harga pokok
= total biaya / hasil produksi
=330.000 / 100
= 3300
Harga jual
= harga pokok + laba yang di inginkan
=3300 +170
= 5000
Jadi harga jualnya yaitu =rp.5.000
d.Penghitungan
laba/rugi
Laba =
(hasil produksi x harga jual)-modal
=
( 100 x 5000)- 330.000
=Rp. 500.000 - rp. 330.000
=
Rp. 170.000
Bab VI :
Penutup
a. Kesimpulan
“KUE COMBRO”merupakan brand
produk yang di buat oleh perusahaan kami, saya menciptakan produk ini atas
survey yang saya lakukan untuk mencari peluang bisnis yang baik dan bermanfaat
(yang dibutuhkan) yang dibutuhkan masyarakat, saya sangat mengharapkanproduk
yang saya buat dapat diterima dan dapat disenangi oleh para konsumen dan
tertanam di benak masyarakat luas dengan cara konsinyasinya di toko cemilan.
b. Saran
Saya menyadari bahwa proposal ini jauh dari
kesempurnaan, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya
membangun demi penyempurnaan proposal ini. Demikian proposal ini, semoga
kegiatan usaha saya ini sehingga dapat berjalan dengan baikdan saya berharap
dalam mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi saya dan masyarakat. Saya
mengucapkan terimakasih kepada semua
pihak yang membantu dalam penyusunan proposal ini
sehingga dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktunya, sekian
terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar